Apa Kabar Surabaya-Balikpapan?

Apa kabar Surabaya?

Masihkah kau berkutat dengan aktivitasmu yang tiada henti? Hanya sibuk yang kujumpai. Dari pagi ke pagi, hari ke hari, lagi dan lagi. Kapan kau luangkan waktumu untuk sehari saja bersamaku, di sini, dalam tenang yang damaikan hati?

Apa kabar Surabaya? Sampai kapan kau akan membakar kulitku dengan sengatan hawa panasmu? Tidakkah kau rindukan hujan seperti aku rindukannya? Ayolah Surabaya, jangan terlalu angkuh karena mataharimu selalu bersinar dengan gagah di langit cerah. Beri kesempatan pada pelangi untuk melukis senyum di bibir langit dengan spektrum warnanya yang indah. Tidakkah kau jenuh dengan warna langitmu yang kelabu? Tidakkah kau risih dengan udaramu yang terpolusi? Sampah di sana-sini? Tidakkah kau bosan pada kemacetan di jalan-jalan? Keramaian dan kebisingan yang memusingkan? Di mana kau sisakan sedikit ruang agar aku bisa bernafas dengan nyaman?

Apa kabar Balikpapan?

Ku dengar, kau selalu diguyur hujan? Benarkah? Aku bisa bayangkan air bah yang menggenangi jalan-jalan di Gunung Sari. Aku juga masih ingat pada tanah longsor di Gunung Pasir yang menyisakan sebentuk kawah seperti di puncak merapi.

Apa kabar Balikpapan? Masihkah kau menjadi kota minyak dengan kilang-kilangmu yang meraksasa di Pertamina? Tapi lucunya, di kota yang kaya minyak sepertimu, masih saja sering mati lampu. Parahnya lagi, dari berita yang kulihat di telivisi, orang-orang yang mau membeli minyak tanah (gas) harus rela mengantri. Apa ini daerah yang dijuluki Oil City? “Koq bisa sih?” tanyaku dalam hati.

Apa kabar Balikpapan? Masihkah kau menjadi Madinatul Iman? Bermacam kajian dan majelis ta’lim bermunculan serupa jamur yang tumbuh subur di musim hujan. Tak hanya di masjid, dakwah pun menggema di udara dan menembus ke berbagai media. Di tempatmu, dakwah sedang menggeliat rupanya. Yah, Semoga Istiqomah! Seperti nama sebuah masjid yang senantiasa menebarkan wangi dakwah di sana. Istiqomah.

Apa kabar Balikpapan? Aku rindu kotamu yang bersih. Aku rindu pantaimu yang indah. Tempat aku mengantarkan mentari kembali ke peraduannya. Ngabuburit menjelang buka puasa di pantai Melawai sambil menikmati semburat senja. Ah, indahnya….Aku sudah tidak sabar menunggu hari itu. Setelah 7 bulan tak bersua, hari ke 18 September pukul 15.00 WIB nanti Lion Air akan membawaku terbang dari Juanda menuju Sepinggan. InsyaAllah…Semoga selamat sampai tujuan.

Balikpapan. Seperti biasa, ketika aku akan pulang, yang ada adalah rasa senang bukan kepalang. Membayangkan wajah perempuan bersahaja, sosok mujahidah perkasa, yang darinya, aku banyak belajar menjadi tangguh dan kuat. Mamak. (Ya Allah, kumohon, jagalah ia…). Sambutan hangat keluarga. Senyuman dari 3 lelaki yang teramat sangat kucintai. Satu lelaki tua renta yang sudah memutih rambutnya, satu ikhwan kecil yang masih 4 tahun umurnya, dan satu lagi lelaki yang senyumnya menjadi senyumku, marahnya menjadi marahku, tawanya menjadi tawaku, aku rindu….

Ah, Balikpapan..sungguh kau paling bisa buatku bahagia. Tapi, mengapa bahagia itu kini hadir ketika aku mulai jatuh hati padanya-Surabaya?

Advertisements

About Khaleeda

Setitik debu yang semoga bisa ngelilipin mata Dajjal | Sunni | Ash'ari-Shafi'i-Naqshbandi Mujaddidi | Tablighi | Dragon Slayer | Slave of Allah
This entry was posted in Segenggam Kenangan. Bookmark the permalink.

26 Responses to Apa Kabar Surabaya-Balikpapan?

  1. amn, semoga selamat sampai tujuan dan dapat melepas rindunya…

    Like

  2. aaaamiin ^___^ jazaakallohu khoiron katsiiro

    Like

  3. henny rini says:

    duh yang kangen … ingat dik, dakwah nggak pilih-pilih tempat lho, siap mengabdi di mana saja. tapi balikpapan memang luar biasa. ada beruang madunya, mbak juga diajak lho jalan2 ke kilang2 minyak pertamina, ke pantai manggar. foto-foto di sana. laut jika malam hari, aku di tepiannya terasa menyejukkan hati. met plg, kasih kelurgamu menunggumu di sana. hati-hati. kapan2 jk da tgs di sana mb mampir ya …

    Like

  4. iya mbak..kwangeeeeeeeeenn!!!! entar mampir ya mbak…wah, mbak henny dah paham banget ya ma Balikpapan…..kapan2 main ke sana lagi ya…!!! tak tunggu…^_____________________^

    Like

  5. Ente sendiri ada di Balikpapan atau Surabaya?

    Like

  6. sekarang ane d Surabaya, lagi tholabul 'ilm alias kuliah..kalo dah lulus, insyaAllah back to kampung halaman, Balikpapan ^__^

    Like

  7. Hmm… Bingung ya… Prosanya bagus kok…Emang tiket pesawat ke sana harganya berapa. Mbak?

    Like

  8. bingung apanya Fathan?tiket pesawat? wah, beragam! mau yang 200an (air asia) sampe yang jutaan (garuda), bergantung waktu pemesanan juga karna beda hari dah beda lagi harganya, moment juga mnentukan (misalnya musim liburan, mudik, dll). gak tentu sieh…tapi biasanya ane naik pesawat yang standart (lion, mandala, sriwijaya) biasanya nyari yang harganya 400-600 gitu. deuh, koq jadi kayak agen travel wisata aja yha?? hehehe…^_^

    Like

  9. Hmm… setelah tanggal 18…. sesampainya di rumah….berarti….hahaha…..saatnya menagih! ^_____^*www.BiarJadiBebanPikiran.com* 😀

    Like

  10. Aamiiin….Insya Allah selamat sampai rumah.Fii amanillaah yaa ukhtiy…Oya, jangan lupa 'oleh-oleh' buat kakaknya :D.

    Like

  11. tita ernita says:

    Subhanallah tulisannya keren…mengena ..pake gaya bahasa keren..

    Like

  12. tita ernita says:

    wahhh jadinya selingkuh dong..kalau mudik semoga di mudahkan dan di lancarkan ya perjalanannya..amien

    Like

  13. era pratiwi says:

    ukh, tulisannya TOP BGTyihaaa…aku menunggumu di balikpapanpagi ini…lagi..lagi balikpapan hujan.sudah hujan…becek…dan nggak ada ojek…alhasil jalan kaki untuk masuk ke perum BDS.tapi masih dengan semangat.

    Like

  14. ukhti… sekarang udah jarang mati lampu sejak PON kemarin selesai kok, denger2 sih karena ada tambahan genset gitu…alhamdulillah…setiap hari hujan…pagi berangkat kerja kehujanan…pulang kerja juga kehujanan…jadi hari ini tadi naik angkot aja, soale badan udah kehujanan tiap hari dan kerasa demam…tapi, hujan adalah berkah dan rizki dari Allah…alhamdulillah…semangaaaaaaaat… :)cepat pulang yah, sister…kapan ketemu lagi…?

    Like

  15. masa iya seh Mbak? Alhamdulillah…hatur tengku ya mbak.. moga bisa lebih baik lagi ^__^

    Like

  16. nagih apa ya?? *purapuragaktau.com

    Like

  17. jazaakallaah…hehehe….insyaAllah…semoga “proyek”nya berhasil ^__^ssstt….jangan bilang2, cukup hanya ane, antum dan mbak Sari yang tau. owkay??!! siiippp

    Like

  18. hihihi…iya, selingkuh…tapi Balikpapan tetep yang paling berkesan ^_____^Aaamiin..jazaakillah Mbak. Ohya, ntar tanggal 20 mbak ikut Buber Mpers Balikpapan kan??? bawa si kecil juga kah??? duuuuh, gak sabar nih pengen kopdaran ma temen2salam buat mbak Yana yhaaaaaaaaaaaa, masak yang wuenak..!!! ^___^aku dataaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang!!!!!

    Like

  19. gak ngebayangin ukht Era ngomong begitu pake gayanya Cinta Laura…udah hujan, becek, gak ada ojek…hwahahahaha (ops!). yap! kudu tetep semangat duuuuunk ^___^. Semua peristiwa pasti ada hikmahnya….duuuuuuuuuuuuh, gak sabar nieh pengen ngumpul2 ma temen2….Anti dateng ke rumah Mbak Yana kan ukh?? Met ketemu di sana yhaaaaaaaaaaaaaaaa. InsyaAllah…^__^

    Like

  20. MasyaAllah…hujan terus ya Mbak??? Tapi, ida kangen ma hujan mba…di Sby pwanaaasss, dah lama bwanget gak hujan. Mbak Likah sakit? syafaakillah ya mbak…semua pasti ada hikmahnya…yak!! Ganbatte!! Allah akan meridhoi hamba2Nya yang ridho akan keputusanNya….semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttt!!!nb: Mbak Likah WAJIB dateng di kopdar ^__*, semoga gak ada halangan…aaamiin!!

    Like

  21. emang, anti juga dateng yah…?kata anti cuman libur dua minggu nih, jadi sebulan aja di Balikpapan yah, hehe…

    Like

  22. InsyaAllah ida dateng Mbak…..hallah, biasa itu mah Mbak..ida kalo liburan paling cepet pulangnya, trus paling lambat baliknya (molor banget). hehehe…..semoga bisa ketemu ya mbak, gak sabar pengen cerita banyaaaaaaaaaaaaaaakkk!!! ^___^

    Like

  23. Amiiin…Yup, ini kan proyek kita. Ya rahasia dong… hahaha…. ^___^

    Like

  24. ila rizky says:

    waaah… masa sih, mbak? ada beruang madunya? wuiiih… pengen liat langsung…. 😀 kapan ya kesana?

    Like

  25. beruang madu emang jadi maskot-nya Balikpapan ^__^. ke sana yuuuuuuukk……

    Like

  26. abdullah says:

    MasyaAllooh…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s